4 Cara Terbaik Atasi Bekas Jerawat Berdasarkan Jenisnya

30 Agustus 2018

Jerawat tak hanya satu-satunya masalah yang membuat penampilan menjadi kurang menarik. Bekas jerawat yang ditinggalkannya juga menjadi salah satu bencana tersendiri bagi anda yang sering dihinggapi masalah jerawat. Apapun jenis bekas jerawat di wajah anda, perlu penanganan yang tepat agar jangan sampai membuat kulit wajah menjadi kusam dan tidak mulus. Nah berikut ini ada beberapa cara mengatasi bekas jerawat terbaik dilihat dari jenisnya.

4 Cara Terbaik Atasi Bekas Jerawat Berdasarkan Jenisnya

4 Cara Terbaik Atasi Bekas Jerawat Berdasarkan Jenisnya

1. Ice Pick Scars

Sesuai dengan namanya, jenis bekas jerawat ini merupakan bekas jerawat yang dalam seperti kulit yang ditusuk dengan ice pick. Bekas jerawat seperti ini dapat terjadi akibat tubuh memproduksi sedikit kolagen sebagai respon pada bekas luka yang ada di wjah. Jenis bekas jerawat seperti ini biasanya yang paling sulit diatasi. Untuk perawatan bekas luka jerawat ini, bisa dilakukan dengan mengeksisi bekas luka dan kemudian menjahit bagian tersebut. Atau dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan cangkok kulit untuk mengisis bekas luka dan kemudian menggunakan laser untuk merapikannya.

2. Boxcar scars

Sama halnya seperti jenis ice pick scars, hanya saja bekas jerawat ini cenderung lebih luas dan kotak. Perawatan untuk bekas jerawat ini disarankan untuk menggunakan pelapisan kulit dengan basis energi seperti frekuensi radio, laser, maupun menggunakan alat ultrasound yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka boks. Serangkaian perawatan lainnya juga perlu dilakukan berdasarkan dari luas atau idaknya jringan parut yang terbentuk di wajah anda. Selain itu, pengelupasan dengan bahan kimia juga dapat membantu meskipun tidak berperan cukup besar. Dengan prosedur yang baik, penggunaan retinoid akan membantu meningkatkan pergantian sel serta meningkatkan produksi kolagen yang dapat mempercepat hasil penyembuhan.

3. Rolling Scars

Dibandingkan bekas lainnya, bekas luka ini memiliki tepian yang halus seperti bukit dan lembah. Bekas jerawat rolling scars juga sering dianggap sebagai salah satu bekas jerawat yang tertekan. Untuk pengobatan bekas jerawat ini bisa dilakukan dengan menggunakan suntikan mikrofat dan mikroponid menggunakan plasma yang kaya akan tromobost (PRP). Microneedling merupakan salah satu perawatan lainnya yang dibutuhkan untuk penyembuhan jenis rolling scars. Cara kerja perawatan ini adalah dengan membuka saluran yang ada di dalam kulit dan kemudian memberikan suntikan PRP. Namun tetap dibutuhkan proses penyembuhan alami yang dikontrol tubuh untuk bisa meningkatkan produksi kolagen.

4. Keloid Scars

Keloid merupakan bekas luka yang kemerahan, terutama jika terdapat pada kulit yang terang. Pada kulit yang gelap, mungkin akan tampak seperti merah muda. Untuk perawatan bekas luka jerawat seperti ini, bisa dicoba dengan menggunakan suntikan steroid yang dapat meratakan bekas jerawat. Tujuan dari treatment ini adalah untuk menghilangkan peradangan di kulit wajah. selain itu pencegahan juga penting dilakukan bagi siapapun yang rentan terhadap keloid.

Nah itu tadi 4 treatment yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat berdasarkan dari jenis bekas luka yang ditinggalkannya. Cek juga artikel lengkap tentang berkualitas ini 15+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Versi OhGitu. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+