5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

25 November 2018

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Faktanya, kopi adalah minuman yang sangat sehat. Kopi sarat dengan kandungan antioksidan dan nutrisi yang  sangat bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah mengalami berbagai penyakit serius. Berikut ini 5 manfaat kopi bagi kesehatan yang telah dikonfirmasi dalam penelitian yang dilakukan pada manusia.

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

 1. Kopi Meningkatkan Tingkat Energi dan Kecerdasan

Kopi bisa meningkatkan kadar energi bagi peminumnya. Hal ini dikarenakan kopi mengandung stimulan yang disebut kafein. Kafein sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Setelah minum kopi, kafein akan diserap dan masuk ke dalam aliran darah, lalu akan dibawa menuju ke otak. Di otak, kafein menghambat penghambat neurotransmiter yang disebut Adenosin. Ketika itu terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinephrine dan dopamine akan meningkat, sehingga akan menyebabkan peningkatan penembakan neuron.

Banyak percobaan terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, seperti memori, mood, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan fungsi kognitif umum.

Intinya: Kafein dapat menghambat neurotransmitter penghambat di otak, yang menyebabkan efek stimulan. Hal tersebut dapat meningkatkan tingkat energi, mood, dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Kopi Dapat Membakar Lemak

Tahukah Anda bahwa kafein ditemukan pada hampir setiap suplemen pembakaran lemak komersial? Ada alasan yang bagus untuk itu, kafein adalah satu dari sedikit zat alami yang sebenarnya telah terbukti membantu membakar lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 3-11%. Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

Intinya: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan meningkatkan tingkat metabolisme.

3. Kafein Dapat Memperbaiki Performa Fisik

Kafein merangsang sistem saraf, menyebabkannya mengirim sinyal ke sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah. Efek hormon “fight or flight” tersebut akan membuat tubuh siap untuk mendapat tenaga fisik yang intens.

Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, kemudian melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuatnya tersedia sebagai bahan bakar energi tubuh. Dengan efek ini, tidak mengherankan jika melihat kafein dapat memperbaiki kinerja fisik hingga 11-12%. Oleh karena itu, menjadi masuk jika Anda minum secangkir kopi sekitar setengah jam sebelum latihan fisik di tempat gym.

Intinya: Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin dan melepaskan asam lemak dari jaringan lemak. Hal ini juga menyebabkan peningkatan kinerja fisik yang signifikan.

4. Kopi Mengandung Banyak Nutrisi Penting

Kopi lebih dari sekedar air hitam yang banyak dikonsumsi orang di pagi hari. Ternyata, kopi mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Penelitian menyatakan secangkir kopi dapat mengandung senyawa berikut:

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Asam Pantotenat (Vitamin B5): 6% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Mangan dan Kalium: 3% dari jumlah yang disarankan per hari.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari jumlah yang disarankan per hari.

Meskipun kandungan tersebut mungkin tidak terlalu banyak, namun kebanyakan orang minum lebih dari satu cangkir per hari. Jika Anda minum 3-4, maka tentunya kalikan jumlah di atas dengan jumlah Anda minum kopi tersebut.

Intinya: Kopi mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk Riboflavin, Asam Pantotenat, Mangan, Kalium, Magnesium, dan Niasin.

5. Kopi Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes Tipe II

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang sangat besar dan hinggat saat ini menyebabkan sekitar 300 juta orang meninggal di seluruh dunia. Diabetes tipe II ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam konteks resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk mengeluarkan insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko penurunan diabetes tipe 2 secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko penurunan penyakit sebesar 23-50% (67% dalam penelitian lain). Menurut sebuah tinjauan masif yang melihat data dari 18 penelitian dengan total 457.922 individu, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7% penurunan risiko diabetes tipe 2.

Intinya: Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko terkena diabetes tipe II yang jauh lebih rendah.

Nah, itulah 5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun tentunya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+