5 Produk yang Tidak Seharusnya Anda Gunakan di Wajah

26 September 2018

Kulit adalah organ terbesar yang Anda miliki dan terus-menerus terpapar banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatannya. Iklim, diet, hidrasi, kebiasaan gaya hidup, dan banyak produk kecantikan yang Anda gunakan adalah faktor yang dapat mempengaruhi keadaan kulit Anda, positif atau negatif, sesuai dengan perawatan yang Anda berikan.

Bagian kulit yang paling halus adalah kulit di wajah dan leher. Daerah yang sensitif ini berisiko tinggi menderita masalah kulit tertentu di daerah ini karena kita cenderung menerapkan lebih banyak produk pada mereka. Banyak ahli dermatologi dan ahli kecantikan menyarankan beberapa produk dapat merusak kulit, karena bisa menyebabkan reaksi buruk yang akan mengeringkannya, mendukung munculnya jerawat, dan masalah kulit lainnya. Di bawah ini, kami akan mencantumkan 5 produk yang tidak boleh Anda gunakan pada kulit Anda jika Anda menginginkannya terlihat bagus.

5 Produk yang Tidak Seharusnya Anda Gunakan di Wajah

5 Produk yang Tidak Seharusnya Anda Gunakan di Wajah

5 Produk yang Tidak Seharusnya Anda Gunakan di Wajah

1. Cuka

Banyak trik kecantikan menyarankan penggunaan cuka untuk masalah seperti jerawat atau jamur, namun tidak disarankan untuk menerapkannya ke kulit karena asam asetat dalam cuka dapat menyebabkan kerusakan pada area ini. Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif, luka terbuka, atau luka bakar. Menggunakan cuka secara langsung pada kulit dapat meningkatkan kekeringan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan produk ini di kulit, sebaiknya coba terlebih dahulu menggunakan sirih dengan air di bagian yang sama. Jika Anda merasakan sensasi terbakar saat Anda menerapkannya, sebaiknya berhenti menggunakannya. Bagaimanapun, produk ini bukan yang paling direkomendasikan untuk perawatan kulit, jadi Anda harus menghindarinya sepenuhnya.

2. Mentega sayuran

David Colbert, ahli dermatologi estetik di New York, mengemukakan bahwa menggunakan mentega sayuran di kulit Anda dapat memiliki efek negatif dan tidak baik untuk merawat kulit Anda sama sekali. Memang benar banyak produk kecantikan untuk kulit menggunakan mentega sayuran sebagai bahan untuk memberi makan dan menghidrasinya. Namun, spesialis ini menyatakan bahwa mentega sayuran terlalu berat untuk kulit di wajah Anda karena memblok pori-pori dan meningkatkan tampilan jerawat.

3. Shampo

Trik lama untuk mengatur make up dengan baik adalah dengan menerapkan shampo ke wajah dan dengan demikian make up Anda bertahan. Yang benar adalah bahwa ini bisa mengeringkan kulit karena produk ini memiliki jumlah pernis dan alkohol tinggi yang tidak baik untuk kulit. Hal yang sama terjadi pada orang-orang yang menggunakan shampo untuk membersihkan wajah mereka. Produk ini memiliki bahan kimia yang tidak baik untuk kulit dan dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan.

4. Krim dengan Retinol

Retinol dipromosikan sebagai bahan anti-jerawat dan anti-penuaan, namun penggunaannya tidak dianjurkan karena terlalu kuat untuk kulit. Hal tersebut akan menipiskan kulit dan membuatnya lebih sensitif. Selain itu, dalam beberapa kasus produk ini telah terbukti menyebabkan kemerahan pada kulit dan bahkan bisa menyebabkan ruam.

5. Vitamin E

Memang benar vitamin E bagus untuk tubuh dan banyak perusahaan kosmetik menggunakannya dalam produk mereka. Namun, Anda harus menghindari penggunaan minyak secara langsung pada kulit Anda karena bisa menghambat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat. Juga, ada beberapa kasus reaksi seperti terbakar, bengkak, dan memerah saat menggunakan produk ini di kulit Anda.

Rekomendasi

  1. Ingat bahwa tidak semua jenis kulit bereaksi dengan cara yang sama saat menggunakan produk yang berbeda. Itulah sebabnya sebelum menggunakan jenis produk kulit apapun, ada baiknya membaca rekomendasi atau hanya menerapkan sedikit pada beberapa bagian tubuh Anda untuk melihat apakah ada reaksi negatif yang muncul.
    Sebelum membeli produk baru, pastikan tidak mengandung alkohol atau komposit yang mempengaruhi kulit Anda seperti pada kasus retinol.
  2. Ada jenis kulit yang berbeda dan penting untuk mengetahui bagaimana mengidentifikasinya. Penting untuk meminta bantuan dokter kulit sehingga mereka bisa memberi tahu Anda tentang produk yang paling direkomendasikan sesuai dengan jenis kulit Anda.
  3. Ada banyak bahan alami yang membantu menghidrasi dan merawat kulit Anda secara efektif dan sehat. Jika Anda ingin menghindari krim kimia dan mahal yang dijual di toko, maka produk alami adalah pilihan tepat untuk perawatan kulit. Dengan perawatan kecantikan alami juga, penting untuk dipelajari tentang mereka dan mengujinya terlebih dahulu, untuk memastikan tidak ada efek negatif pada kulit Anda.

Sekian informasi yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+