8 Kegunaan dan Manfaat Cuka Apel

16 Maret 2018

Cuka apel atau cuka sari apel adalah produk yang banyak digunakan karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain menjadi produk pembersih yang berguna untuk rumah Anda. Cuka apel berisi lebih dari 30 nutrisi penting, vitamin A dan B tingkat tinggi, asam lemak esensial, mineral, dan banyak elemen lainnya yang bertanggung jawab untuk memperbaiki keseluruhan kinerja tubuh dan melawan banyak penyakit.

Sejak zaman dahulu, sejumlah kecil cuka sari apel telah digunakan untuk meringankan banyak penyakit, melawan penyakit, dan mendetoksifikasi tubuh. Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel mengandung beberapa khasiat bermanfaat lainnya, termasuk menyeimbangkan metabolisme tubuh, membantu perawatan kulit, melawan alergi, mengurangi penyakit pernafasan, dan banyak lagi.

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang cuka sari apel, tapi kami yakin Anda tidak tahu semua manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan Anda. Berikut ini 8 Kegunaan dan Manfaat Cuka Apel.

8 Kegunaan dan Manfaat Cuka Apel

8 Kegunaan dan Manfaat Cuka Apel

8 Kegunaan dan Manfaat Cuka Apel

1. Masalah pencernaan

Cuka sari apel memiliki khasiat yang meningkatkan produksi enzim tubuh, dan pada gilirannya mendorong penghancuran bakteri berbahaya dan regulasi asam lambung. Cuka sari apel sangat ideal untuk masalah pencernaan seperti gas, kram, dan konstipasi, dan umumnya membantu menjaga berfungsinya sistem pencernaan dengan baik. Dianjurkan untuk mengonsumsi 1 sendok teh cuka sari apel setengah jam sebelum makan.

2. Penurunan berat badan

Selama bertahun-tahun, cuka sari apel telah ditemukan sebagai bantuan penurunan berat badan yang hebat. Salah satu senyawanya adalah asam asetat yang membantu mengurangi berat badan, khususnya menargetkan lemak di sekitar perut, pinggang, dan kaki.

Untuk mendapatkan keuntungan dari ini, cukup larutkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam air dan ambil lebih dulu saat perut kosong.

3. Diabetes

Menurut beberapa penelitian, menambahkan cuka sari apel ke makanan Anda dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Untuk mencapai manfaat ini, kombinasikan asupan cuka sari apel dengan diet seimbang yang rendah lemak jenuh, dan ingatlah untuk menghilangkan gula halus. Untuk melawan diabetes, encerkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air, lalu diminum sebelum tidur di malam hari.

4. Jamur kulit

Cuka sari apel sangat ideal untuk melawan jamur yang dikenal sebagai candida albicans, yang pada gilirannya dapat menyebabkan infeksi kulit. Asam asetat yang terkandung dalam cuka sari apel bisa menghilangkan jamur ini sepenuhnya. Larutkan 2 atau 3 cangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi hangat, dan rendam selama 15 menit. Anda juga bisa mencampur 1 sendok teh cuka dengan 1 sendok makan air dan menerapkannya langsung ke daerah yang terkena.

5. Masalah tulang

Cuka sari apel sangat bagus untuk melawan arthritis dan osteoartritis. Ini membantu mengurangi stres, rasa sakit, dan ketidaknyamanan yang dapat menyebabkan kondisi ini. Hal ini juga berguna untuk penyembuhan luka, mengurangi kram kaki, dan banyak lagi.

Cuka sari apel mengandung asam malat yang membantu melawan infeksi bakteri dan melarutkan endapan asam urat yang terbentuk di sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Dianjurkan untuk mencampur 2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air hangat. Anda bisa menambahkan sendok makan madu sebelum meminumnya.

6. Rambut

Menerapkan 3 sendok makan cuka sari apel ke rambut basah adalah cara yang bagus untuk memberi rasa alami dan menghentikan ketombe. Cara ini membantu mengendalikan pH kulit kepala, mengurangi iritasi, dan sangat ideal untuk digunakan pada rambut berminyak. Namun, pastikan hanya menggunakannya sesekali karena bisa menyebabkan gatal dan/atau terbakar.

7. Jerawat dan noda kulit

Sifat antiseptik dan antibakteri dari cuka sari apel sangat ideal untuk digunakan dalam perawatan kulit. Dalam kasus jerawat dan noda lainnya, hal ini sangat efektif dalam memulihkan keseimbangan asam alami kulit yang dapat membantu mencegah endapan dan kekeringan kulit berminyak.

Untuk menggunakannya, cukup buat lotion dengan menggabungkan bagian yang sama dari cuka sari apel dan air, dan oleskan langsung ke kulit.

Manfaat lain cuka sari apel

Selain perawatan kesehatan dan kulit, cuka sari apel juga banyak digunakan di rumah seperti berikut ini:

  • Anda bisa membuat semprotan dengan cuka sari apel dan meletakkannya di jendela, pintu, dan tempat lain di mana semut masuk ke rumah – cara ini akan menghentikan jalur masuk semut.
  • Pengenceran cuka sari apel dan air adalah obat nyamuk buatan tangan yang bagus untuk terus mencegah gigitan serangga.
  • Kontrol infestasi kutu pada hewan peliharaan di rumah. Anda bisa menambahkan sedikit cuka sari apel ke air mandi untuk hewan peliharaan Anda, dan juga tempatkan semangkuk kecil cuka sari apel di tempat kutu mungkin ditemukan.
  • Cuka sari apel adalah pembersih dan zat pencerah yang hebat. Cukup encerkan beberapa cuka di air dan gunakan kain lembut untuk menyeka permukaan dengan air.
  • Cuka sari apel juga sangat ideal untuk membersihkan peralatan dapur karena cuka adalah pembersih dan desinfektan yang sangat baik.

Nah, itulah 8 Kegunaan dan Manfaat Cuka Apel yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+