Cara Alami Mengobati Sleep Apnea

11 Juni 2018

Gangguan malam hari ini dianggap “serius” karena menghentikan aliran oksigen ke berbagai bagian tubuh sementara tubuh kita sedang beristirahat. Sleep apnea memiliki sejumlah penyebab dan gejala khas seperti terganggu nafas, mendengkur, tersedak dan tidur berjalan, dan lain-lain. Pelajari lebih lanjut tentang perawatan alami untuk sleep apnea pada artikel berikut.

Sleep apnea: belajar tentang masalah

Kondisi ini mempengaruhi fungsi pernapasan normal saat kita tidur. Hal ini dapat menyebabkan pernapasan dangkal atau interupsi singkat pada aliran udara normal, yang berlangsung antara 15 dan 20 detik.

Sleep apnea membuat orang tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, menyebabkan mereka mengalami tidur ringan atau mimpi buruk, dan mencegah tubuh pulih sepenuhnya dari kekuatannya. Hal ini berakibat pada tingkat energi rendah, produktivitas rendah, mood buruk, mudah tersinggung, dan kesadaran berkurang.

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan benar, sleep apnea dapat menyebabkan kantuk di siang hari, refleks yang lambat dan membuat orang-orang yang menderita penyakit ini berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Selain itu, hal itu menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas , hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

Gejala apnea tidur bisa sulit dikenali karena terjadi pada malam hari, sementara kita tidur. Seorang anggota keluarga atau pasangan Anda akan menjadi orang yang akan mendeteksi perubahan tertentu dalam tidur Anda jika Anda menderita sleep apnea.

Beberapa tanda jika Anda menderita sleep apnea

Beberapa tanda bahwa Anda mungkin menderita masalah ini adalah:

  • Terganggu napas.
  • Mendengkur sangat keras.
  • Tersedak atau mengi.
  • Kantuk siang hari.
  • Tidur gelisah.
  • Merasa sesak saat bangun di malam hari.
  • Pergi ke kamar mandi sering pagi-pagi benar.
  • Bangun dengan mulut kering atau tenggorokan.
  • Sakit kepala di pagi hari.
  • Tidak dapat berkonsentrasi di tempat kerja.
  • Mood berubah.
  • Sifat lekas marah.
  • Depresi
  • Tidur dalam posisi aneh.
  • Berkeringat berlebihan di malam hari.
  • Menderita mimpi buruk.
  • Pernapasan melalui mulut Anda.
  • Kinerja keseluruhannya buruk.

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabakan sleep apnea adalah merokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, amandel bengkak atau lidah, hidung tersumbat dan riwayat keluarga. Selain itu, pria cenderung mengalami masalah ini lebih sering daripada wanita.

Cara Alami Mengobati Sleep Apnea

Cara Alami Mengobati Sleep Apnea

Cara Alami Mengobati Sleep Apnea

Kebiasaan, pengobatan dan tips untuk mengobati apnea tidur. Ada 2 posisi tidur utama yang harus Anda perhatikan:

1. Di sisimu

Tidur di sisi Anda, terlepas dari apakah itu sisi kanan atau kiri, memungkinkan lebih banyak udara masuk ke paru-paru Anda. Kebalikannya terjadi saat Anda tidur di perut atau di punggung. Tentu saja, Anda tidak dapat memantau posisi tidur Anda saat Anda tidur, jadi cobalah meletakkan bantal besar di punggung Anda atau tidur di dinding untuk tetap di sisi Anda.

Trik lain yang bisa Anda coba adalah menjahit atau mengikat benda yang mengganggu ke piyama Anda di bagian belakang dan dada sehingga Anda sadar saat Anda menoleh ke perut atau punggung dan bisa memperbaiki postur tubuh itu.

2. Sleep dengan kepala terangkat

Gunakan lebih dari satu bantal untuk mengangkat kepala di atas tinggi normal. Ini akan memperbaiki pernapasan malam hari Anda. Jika Anda merasa bahwa postur tubuh ini tidak terlalu nyaman, Anda bisa menambahkan tinggi ke bantal Anda sedikit demi sedikit. Anda juga harus memastikan bahwa dada Anda terangkat. Jika Anda hendak membeli tempat tidur baru, misalnya, Anda bisa mendapatkan yang memiliki bagian berbaring yang berbeda. Alternatif lain adalah meletakkan sesuatu di bawah kaki depan tempat tidur Anda sehingga berada pada sudut. Banyak ahli mengatakan bahwa ini bahkan lebih efektif daripada menggunakan beberapa bantal.

Tips lain untuk mengatasi apnea tidur

1. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memperburuk gejala apnea tidur. Mulailah dengan makan makanan yang lebih sehat, lakukan olahraga fisik setidaknya dua kali seminggu, makan lebih banyak buah dan sayuran, hindari makanan yang digoreng, gula dan lemak, dan minum dua liter air per hari. Pelangsingan sedikit akan memperbaiki gejala Anda secara signifikan dan memungkinkan Anda membuka jalan napas.

2. Berhenti merokok

Rokok merupakan faktor lain yang membuat sleep apnea semakin parah. Merokok menyebabkan cairan menumpuk di tenggorokan Anda, dan ini bisa menyebabkan pembengkakan di saluran udara bagian atas. Plus, jika Anda berhenti merokok , kesehatan Anda secara keseluruhan akan sangat bermanfaat.

3. Hindari konsumsi alkohol

Minuman beralkohol, seperti obat penenang, rileks otot-otot tenggorokan Anda, sehingga mengubah fungsinya. Kami juga menyarankan untuk menghindari konsumsi kafein yang berlebihan di siang hari, tapi terutama di kemudian hari, karena ini bisa mengganggu ritme tidur yang normal.

4. Hindari makan malam yang besar

Tidur dengan perut penuh makanan bisa berdampak negatif pada istirahat Anda. Plus, itu mempengaruhi bagaimana udara masuk ke paru-paru Anda.

Obat alami untuk sleep apnea

1. Akar valerian

Ramuan ini telah digunakan untuk waktu yang sangat lama untuk membantu kita rileks dan tidur nyenyak , yang meningkatkan kualitas tidur kita. Ini sangat cocok untuk orang yang menderita insomnia atau mimpi buruk karena sleep apnea.

2. Minyak esensial

Minyak terbaik untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik adalah chamomile, lavender dan primrose. Yang terakhir ini meredakan radang saluran udara. Anda bisa mengaplikasikannya ke pelipis Anda dengan pijatan lembut atau menggunakan diffusor untuk memilikinya menyebar melalui seluruh kamar tidur. Jika Anda ingin memisahkan bagian hidung Anda, Anda harus tetap berpegang pada minyak kayu putih. Tambahkan beberapa tetes ke dalam panci air mendidih dan hirup uapnya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang sleep apnea, tanda sleep apnea, dan Cara Alami Mengobati Sleep Apnea yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+