Cara Alami Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

22 Juni 2018

Dokter menganggap tekanan darah tinggi sebagai “silent killer” karena banyak efek negatif yang dimilikinya pada tubuh. Kurang olahraga, gizi buruk, dan gaya hidup umum yang kita jalani saat ini dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, Anda bisa mencoba obat alami ini untuk menguranginya. Pelajari lebih lanjut di artikel berikut.

Penyebab dan gejala hipertensi

Seperti yang telah disebutkan di atas, tekanan darah tinggi bisa jadi akibat dari berbagai sebab. Gaya hidup yang buruk, mengkonsumsi terlalu banyak garam atau makanan olahan, kurang berolahraga, dan sebagainya, semuanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tapi kelainan hormonal, penyakit ginjal atau kardiovaskular, penggunaan obat-obatan dan kontrasepsi tertentu, dan asupan alkohol juga bisa memperburuk kondisi ini.

Gejala yang paling umum dari tekanan darah tinggi adalah sakit kepala, sesak napas, kemerahan di wajah, keringat berlebihan, denyut nadi tinggi, penglihatan bermasalah, pusing, dengung di telinga, pendarahan hidung, kegelisahan, sulit tidur, kelelahan, jantung berdebar, dan melihat bintik-bintik (benda terbang/berputar dalam gelap).

Tekanan darah tinggi adalah kondisi berbahaya yang bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal. Karena ini, kita harus memastikan untuk tetap terkendali dan melakukan pengecekan tekanan darah sekali seminggu. Ingat bahwa tidak ada usia minimum untuk pengembangan tekanan darah tinggi, tapi biasanya terjadi pada orang berusia di atas 30 tahun. Tekanan darah diukur untuk menentukan seberapa keras jantung bekerja untuk memompa darah (sistolik) dan berapa lama istirahat di antara setiap denyut (diastolik ).

Cara Alami Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Cara Alami Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Cara Alami Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Berikut cara alami mengurangi tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba.

  1. Masukkan lemon utuh ke dalam blender (termasuk kulit dan biji) dan tambahkan segenggam peterseli. Aduk hingga tercampur dan minumlah secangkir kecil di pagi hari saat perut kosong. Kedua ramuan ini adalah diuretik alami yang membantu menghilangkan kelebihan cairan (yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi). Anda juga bisa minum jus lemon yang dicampur dengan secangkir air dingin setiap hari sebelum sarapan pagi.
  2. Makan semangkuk oatmeal sehari dengan jus jeruk, susu, yogurt, atau air putih biasa. Kebiasaan ini akan membantu mengatur tidak hanya tekanan darah, tapi juga kolesterol. Oatmeal mengandung banyak serat yang berfungsi mencegah konstipasi.
  3. Seledri adalah makanan enak untuk melawan tekanan darah tinggi. Anda bisa memasukkannya ke dalam makanan harian Anda dalam salad atau dalam sup. Seledri adalah diuretik alami yang hebat dan membantu mengurangi tekanan darah.
  4. Dark coklat (yang lebih gelap lebih baik) juga bermanfaat karena mengandung khasiat yang mengurangi tekanan darah. Hindari susu atau coklat putih.
  5. Minum sampai tiga cangkir teh hijau per hari. Studi telah menunjukkan bahwa hal itu mengurangi tekanan darah.
  6. Bawang putih dalam makanan Anda dapat membantu penyembuhan banyak penyakit. Dalam kasus ini, bawang putih mempromosikan pelebaran arteri dan mencegah pembentukan bekuan darah. Satu siung bawang putih sehari sudah cukup. Anda juga bisa membuat teh dengan menambahkan cengkeh bawang putih ke dalam cangkir air mendidih. Tambahkan beberapa jus lemon dan pemanis madu jika perlu.
  7. Hawthorn berry adalah tanaman yang sangat populer untuk mengurangi tekanan darah tinggi, dan salah satu yang paling efektif. Tanaman ini digunakan untuk mengobati berbagai gangguan jantung seperti penyakit jantung, gagal jantung, angina, dan tekanan darah tinggi. Hawthorn berry membantu menguatkan otot jantung dan meningkatkan kualitas darah yang dipompa. Selain itu juga membuka pembuluh darah dan meningkatkan transmisi sinyal saraf. Semua ini pada gilirannya mengurangi tekanan darah. Buatlah teh berry hawthorn dan minum sekali sehari.
  8. Buat smoothie dengan mentimun dan air, dan minum setiap hari.
  9. Masukkan sepuluh tetes minyak esensial lavender ke kain dan tarik napas melalui hidung Anda. Obat rumah ini sangat berguna untuk mengatasi gejala tekanan darah tinggi yang muncul tiba-tiba.
  10. Tambahkan segenggam daun zaitun ke satu liter air dan didihkan. Saring cairan dan simpan dalam wadah kaca. Minum sampai 2 cangkir campuran ini per hari.
  11. Rebus 2 daun sirsak dan 2 jeruk dalam satu panci air selama 10 menit. Kemudian keluarkan cairan dari panas dan biarkan dingin. Saring cairan dan minum hingga 2 cangkir campuran ini setiap hari.
  12. Dalam mangkuk, tambahkan bawang kecil (cincang), tujuh siung bawang putih (cincang), dan beberapa jus lemon. Tuangkan air ke atasnya sampai semua bahan tertutup dan diamkan dalam semalam. Di pagi hari, saring cairan dan minumlah campuran ini setiap pagi dengan perut kosong selama 9 hari.
  13. Campur 5 tetes minyak lavender, 5 tetes minyak marjoram, dan 20 ml minyak jojoba. Perlahan pijat ini ke dada dengan menggunakan gerakan melingkar.
  14. Campur satu sendok makan air jeruk nipis, sedikit rumput horsetail, birch, dan akar adas di secangkir air dan didihkan selama 3 menit. Biarkan dingin dan saring cairannya, minum sampai 2 cangkir campuran per hari.

Nah, itulah beberapa Cara Alami Mengurangi Tekanan Darah Tinggi yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+