Cara Melawan Gangguan Pencernaan dan Kembung

30 Agustus 2018

Gangguan pencernaan adalah masalah pencernaan yang bisa menyebabkan sakit perut , kembung, muntah, diare, dan malaise umum. Gangguan pencernaan biasanya disebabkan oleh makan makanan berlemak dan berlemak dalam jumlah banyak, namun bisa juga karena konsumsi alkohol, udara yang terjebak dalam saluran pencernaan, dan banyak lagi. Kabar baiknya adalah Anda bisa melawan gangguan pencernaan dan kembung dengan pengobatan sederhana dan bahan alami.

Salah satu masalah yang paling umum terkait dengan gangguan pencernaan adalah perut kembung, yang biasanya terjadi karena udara yang terjebak dalam saluran pencernaan setelah makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, atau berbicara saat Anda makan. Hal itu menyebabkan perasaan kepenuhan yang ekstrem, seolah perut Anda akan meledak dan pakaian Anda bahkan menjadi terlalu ketat.

Tapi Anda bisa melawan gangguan pencernaan dan kembung dengan teknik sederhana dan modifikasi kebiasaan makan kita. Mau tau caranya?

Cara Melawan Gangguan Pencernaan dan Kembung

Cara Melawan Gangguan Pencernaan dan Kembung

Cara Melawan Gangguan Pencernaan dan Kembung

Makan perlahan dan tanpa gangguan. Penting untuk meluangkan banyak waktu untuk makan, kunyah dengan baik dan tanpa gangguan, dan untuk menghindari tertelannya udara di antara waktu makan karena ini adalah penyebab utama pembengkakan. Makanan yang dikunyah dengan baik juga memfasilitasi fungsi pencernaan.

Hindari minum minuman berkarbonasi. Jika Anda adalah tipe orang yang minum soda atau air mineral, saatnya untuk mengeluarkannya dari daftar makanan Anda. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih untuk minum air putih dengan lemon, air putih, jus, atau teh.

Identifikasi sayuran mana yang sistem pencernaan Anda sensitif terhadapnya. Banyak orang sensitif terhadap makan sayuran tertentu seperti kembang kol, timun, squash, paprika, dan kol. Jika mengonsumsi makanan ini menyebabkan rasa bengkak atau gejala gangguan pencernaan lainnya, sebaiknya gantilah dengan yang lain.

Tentukan apakah Anda memiliki intoleransi terhadap laktosa. Kepekaan terhadap produk susu sangat umum di seluruh populasi. Produk susu bisa sulit dicerna dan selain kembung juga bisa menyebabkan diare, muntah, dan mual.

Hindari makanan yang tinggi lemak. Hindari mengonsumsi makanan goreng dan junk food, banyak telur, dan mentega dan minyak sayur.

5 pengobatan alami untuk mengobati gangguan pencernaan dan kembung

Jika Anda menderita gangguan pencernaan dan/atau perut kembung, ada beberapa pengobatan di rumah yang dapat membantu Anda melawannya secara cepat, alami, dan ekonomis.

1. Teh kayu manis

Kayu manis dan sifatnya sangat efektif dalam membantu proses pencernaan, terutama dengan mengurangi kram dan pembengkakan akibat pencernaan yang buruk. Untuk membuat teh kayu manis yang harus Anda lakukan adalah menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke secangkir air mendidih, biarkan beberapa menit, lalu diminum perlahan.

2. Jus jeruk

Jeruk bisa menjadi teman terbaik Anda saat Anda makan makanan berat. Sebelum makan makanan berminyak atau berat, minumlah segelas jus jeruk segar. Jeruk akan membantu Anda meningkatkan kadar asam lambung dan memperbaiki pencernaan.

3. Bubuk soda kue

Perasaan berat dan pembengkakan pada perut adalah gejala yang menyebabkan gangguan pencernaan akibat makanan yang kita makan. Tidak ada yang lebih baik dari pada baking soda untuk meringankan ini, karena membantu melawan rasa panas dan melepaskan udara yang terperangkap di saluran pencernaan . Yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan antasid buatan sendiri adalah menambahkan setengah sendok teh baking soda ke setengah gelas air. Jika Anda ingin Anda bisa menambahkan sedikit jus lemon, lalu langsung minum campurannya.

4. Teh jahe

Jahe membantu menstimulasi cairan pencernaan dan memperbaiki aliran enzim, sehingga membantu mencegah dan meredakan kembung, kram, gas, dan rasa sakit karena gangguan pencernaan. Terutama setelah Anda makan makanan yang berat. Untuk membuat teh jahe cukup tambahkan beberapa potong jahe parut ke secangkir air panas. Biarkan selama 2 sampai 3 menit sebelum minum.

5. Teh mint

Mint sangat efektif dalam mengobati semua gejala gangguan pencernaan dan ini membantu tubuh mencerna makanan dengan baik. Untuk membuat teh mint yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan beberapa daun mint ke secangkir air mendidih, lalu tutup dan biarkan selama 10 menit sebelum minum.

Nah, itulah Cara Melawan Gangguan Pencernaan dan Kembung yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+