Cara Membuat Kondisioner Alami

19 Juli 2018

Menggunakan kondisioner alami buatan bisa menjadi alternatif bagus bagi orang yang ingin memiliki rambut yang indah, sehat, dan berkilau. Formula alami dapat membantu meluruskan rambut sekaligus memberikannya nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor seperti cuaca dan penggunaan alat styling seperti pelurus dan pengering rambut.

Cara Membuat Kondisioner Alami

Cara Membuat Kondisioner Alami

Cara Membuat Kondisioner Alami

1. Kondisioner Minyak dan Madu

Kondisioner ini sangat bagus untuk orang dengan rambut kering, rapuh, pecah dibagian ujung. Bahan dalam campuran bertindak sebagai pelembab alami dan komponennya yang berbeda akan membantu rambut pulih dari kerusakan.

Bahan

  • ½ cangkir minyak zaitun
  • ½ cangkir minyak almond
  • ½ cangkir madu
  • Panci

Langkah pembuatan

Masukkan ketiga bahan ke dalam panci dan campurkan dengan baik. Hangatkan dengan api kecil sampai mendidih. Kemudian, keluarkan campuran dari api dan tunggu hingga dingin.

Cara penggunaan

Sebelum menggunakan kondisioner alami buatan sendiri ini, sebaiknya cuci dulu rambut seperti biasanya. Kemudian, oleskan konditioner dari kulit kepala ke ujung rambut. Cobalah untuk menerapkan campuran secara merata dengan lembut memijatnya ke rambut Anda. Kemudian, bungkus rambut ke dalam kantong plastik dan biarkan campuran diatur selama 15 sampai 20 menit. Untuk menyelesaikan prosesnya, bilas rambut Anda dengan banyak air dingin. Ulangi proses ini 2 kali seminggu.

2. Kondisioner Kelapa

Kondisioner ini sangat cocok untuk semua jenis rambut. Bahannya akan merevitalisasi dan menyehatkan rambut, membuatnya berkilau, halus, kusut dan berbau harum.

Bahan

  • ½ cangkir minyak kelapa
  • ½ cangkir kelapa parut alami
  • 1 kacang vanili
  • 2 sendok makan madu

Langkah pembuatan

Pertama-tama, Anda harus mencampur kelapa, minyak kelapa, dan madu dalam mangkuk. Setelah bagian dari campuran siap, proses vanili dengan baik sebelum menambahkannya ke dalam campuran.

Cara penggunaan

Basahi rambut Anda dan oleskan conditioner buatan ini dengan memijatnya ke kulit kepala sampai ke ujung rambut. Pastikan kondisioner telah benar-benar menutupi rambut Anda dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian ulangi proses ini setidaknya sekali seminggu.

3. Kondisioner Alpukat

Alpukat sangat bagus untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin A dan E yang membuat rambut mengkilap, kuat, halus, dan mudah diatur. Selain bergizi, alpukat juga sangat bagus untuk mencegah kerontokan rambut dan menyisir rambut kering.

Dengan menggunakan conditioner berbasis alpukat ini, Anda dapat memberi makan dan mengembalikan rambut kering Anda, menyimpannya dari unsur-unsur yang merusak seperti pelurus, pengering rambut dan/atau jepit rambut.

Bahan

  • 1 buah alpukat yang sangat matang
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 1 kuning telur
  • Mangkuk
  • Garpu

Langkah pembuatan

Hancurkan bubur alpukat matang dengan garpu sampai terbentuk pasta. Tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1 kuning telur ke pasta. Campur bahannya sampai Anda memiliki campuran yang seragam.

Cara penggunaan

Untuk menerapkan kondisioner ini, sebaiknya cuci dulu rambut Anda seperti biasanya. Setelah rambut basah, oleskan kondisioner dari akar ke ujung dengan pijatan lembut sampai semua rambut bersentuhan dengan campuran. Gunakan kantung plastik atau tutup shower untuk menutupi rambut Anda dan biarkan kondisioner didiamkan kira-kira 15 menit. Bilas campuran itu dengan air hangat dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Ulangi proses minimal 2 kali per bulan.

Setelah menggunakan kondisioner ini, Anda akan mendapati bahwa rambut Anda jauh lebih mulus dan tidak kusut saat disisir. Bagi Anda yang rutin menggunakan pengering rambut, pelurus rambut atau hair clips, sebaiknya gunakan conditioner alpukat lebih banyak dari tingkat 2 kali bulanan yang disebutkan di atas karena ini akan membantu Anda menjaga rambut tetap kuat meski menggunakan alat styling yang merusak.

Nah, itulah Cara Membuat Kondisioner Alami yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+