Cara Mendeteksi Penyakit Alzheimer

5 September 2018

Kita semua tahu bahwa masalah memori adalah ciri khas Alzheimer, namun ada banyak masalah kesehatan lainnya yang dapat membantu kita mendeteksi Alzheimer. Secara terpisah, mereka tidak harus penting, tapi Anda harus mengingatnya dan bisa membedakannya dari contoh stres dan kurangnya konsentrasi, dan lain-lain.

Kami akan menjelaskan tanda dan gejala apa yang bisa membantu mendeteksi Alzheimer dan kemungkinan menderita penyakit ini.

Apa itu Alzheimer?

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegenerative yang ditandai dengan memburuknya kognisi dan kelainan perilaku. Mereka yang menderita ini biasanya berusia di atas 65 tahun, dan cenderung mengalami kehilangan memori dan kehilangan kemampuan mental lainnya. Di balik gejala-gejala yang terkenal ini, masih banyak lagi yang bisa membantu mendiagnosis dan mencegah penyakit ini pada orang-orang yang mungkin berusia di bawah 60 tahun.

Misalnya, banyak pasien dengan penyakit ini memiliki kerabat yang sebelumnya menderita, dan ini bisa menjadi salah satu tanda peringatan yang harus diperhatikan, selain gejala yang akan kita bagikan dengan Anda.

Cara Mendeteksi Penyakit Alzheimer

Cara Mendeteksi Penyakit Alzheimer

Cara Mendeteksi Penyakit Alzheimer

1. Hilang ingatan

Kehilangan ingatan adalah salah satu tanda awal Alzheimer yang paling umum, namun seharusnya tidak menjadi perhatian utama jika segala sesuatunya kadang terlupakan dan kemudian diingat lagi. Akan tetapi, penting sekali bila hal-hal yang terlupakan telah dipelajari atau sedang dipertimbangkan mengenai pertanyaan penting yang harus diingat. Anda mungkin mencatat bahwa Anda memerlukan pengingat untuk tidak melupakan banyak hal.

2. Kehilangan kemampuan mental

Anda mungkin memperhatikan bahwa pertanyaan yang Anda gunakan untuk dapat menjawab tanpa masalah sekarang memerlukan lebih banyak pemikiran, lebih lambat untuk dijawab, dan mengakibatkan Anda kehilangan konsentrasi. Mereka bisa menjadi pertanyaan umum seperti bagaimana membayar tagihan, mengisi formulir, memperbaiki masalah, dan lain-lain.

3. Disorientasi ruang dan waktu

Tanda ini lebih serius jika Anda sering lupa hari atau tempat, mengapa Anda pergi ke tempat tertentu, dan meskipun banyak usaha untuk mengingat, sepertinya Anda tidak dapat melakukannya.

4. Masalah pemahaman dan reaksi terhadap gambar

Dengan titik ini, kita harus membedakan antara kemungkinan masalah visual murni seperti miopia, katarak , dan lain-lain. Di sini, kita mengacu pada kesulitan membaca, mengukur jarak, membedakan antara warna, dll.

5. Kesulitan berbicara

Orang yang menderita Alzheimer mengalami masa sulit setelah melakukan percakapan, terutama saat mereka cepat atau termasuk beberapa orang. Terkadang sulit untuk memikirkan kata-kata tertentu, atau mungkin membingungkan.

6. Mudah salah menaruhkan barang

Orang dengan Alzheimer sering memindahkan barang dan lupa ke tempat mereka meletakkannya. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan mulai berpikir bahwa orang lain telah menyembunyikan benda-benda ini dari mereka.

7. Kurang akal sehat

Anggota keluarga benar-benar menderita saat mereka yang menderita Alzheimer membuat keputusan yang nampaknya tidak masuk akal. Meski kita semua bisa membuat keputusan yang terkesan tidak sopan, dalam hal ini nampaknya tidak ada logika atau alasan di balik keputusan tersebut. Salah satu contohnya adalah orang tersebut hanya memberikan uang tanpa alasan, dan lain-lain.

8. Kurangnya kebersihan

Kurangnya kebersihan pribadi merupakan tanda peringatan dini penyakit ini. Mungkin sulit untuk mandi , berpakaian, dan lain-lain, dalam beberapa kasus karena menghasilkan ketegangan fisik atau mental.

9. Isolasi dan kurangnya inisiatif

Hal ini penting karena mempengaruhi sikap kita. Anda mungkin kehilangan inisiatif untuk melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan sepanjang waktu, seperti latihan memori, acara sosial atau keluarga, latihan, dan lain-lain. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan aktivitas yang Anda butuhkan saat berada bersama orang-orang.

10. Perubahan mood atau kepribadian

Semua gejala dan tanda yang disebutkan sebelumnya dapat menyebabkan perubahan mood, menyebabkan depresi , frustrasi, atau mudah tersinggung. Mereka juga bisa menyebabkan perubahan kepribadian, karena orang tersebut menjadi lebih takut atau gugup.

Nah, itulah beberapa Cara Mendeteksi Penyakit Alzheimer yang bisa diterapkan. Silakan dicoba 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+