10 Manfaat Bermain Badminton Bagi Kesehatan

2 November 2018

10 Manfaat Bermain Badminton Bagi Kesehatan – Badminton, sama seperti olahraga tenis, merupakan olahraga yang menggunakan raket dan menawarkan begitu banyak manfaat bagi yang memainkannya. Entah itu di nomor tunggal atau ganda, badminton adalah olahraga seru yang sangat disarankan karena sangat bermanfaat dalam berbagai aspek, seperti aspek kesehatan fisik, mental, dan sosial Anda.

10 Manfaat Bermain Badminton Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bermain Badminton Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bermain Badminton Bagi Kesehatan

#1 Kebugaran Fisik

Berlari, menerjang, dan memukul bola yang dilakukan saat bermain badminton dapat membakar sekitar 450 kalori per jam. Latihan kardiovaskular semacam ini dapat membantu Anda tetap dalam kondisi prima, terutama jika Anda mencari latihan cross-training alternatif yang baik.

#2 Mengembangkan Athleticism

Permainan badminton dapat meningkatkan kecepatan dan refleks Anda. Selain itu, faktor intelijen juga penting karena pemain harus tahu bagaimana menipu lawan mereka di setiap pukulan.

#3 Manfaat Psikologis

Badminton dapat merangsang kebugaran fisik, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Olahraga meningkatkan endorfin, yang merupakan neurotransmiter yang dirasakan otak, dan dapat memperbaiki mood dan tidur.

#4 Kesehatan Sosial

Anda memerlukan setidaknya satu lawan, tapi Anda juga bisa bermain dengan rekan satu tim dan dua lawan lainnya. Interaksi sosial sebuah game akan menghasilkan perasaan positif setelah sesi di lapangan. Bergabung dengan liga juga bisa membantu Anda menjadi bagian dari sebuah komunitas.

#5 Baik untuk Kesehatan secara Keseluruhan

Seperti semua bentuk latihan fisik, badminton dapat mengurangi atau menghilangkan risiko Anda terhadap banyak masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. Hal ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol “baik” pada tubuh.

#6 Fleksibilitas dan Kekuatan Otot

Semakin sering bergerak, maka Anda akan semakin fleksibel, terutama dalam olahraga seperti badminton dimana swinging dan reach sering dilakukan. Selain meningkatkan fleksibilitas, pemain juga mendapatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

#7 Mobilitas

Seiring bertambahnya usia, mobilitas menjadi terbatas, namun tetap aktif dapat membantu mencegah masalah ini.

#8 Penurunan Berat Badan

Badminton juga bisa membantu mengendalikan berat badan karena pembakaran lemak dan metabolismenya meningkatkan kualitas. Jika dikombinasikan dengan diet yang tepat, penurunan berat badan yang optimal bisa tercapai.

#9 Mengurangi Risiko Diabetes

Badminton dapat menurunkan produksi gula oleh hati sehingga bisa menurunkan gula darah puasa. Faktanya, satu studi dari Program Pencegahan Diabetes menemukan bahwa olahraga menurunkan kejadian diabetes yang berkembang sebesar 58% bahkan lebih baik daripada pengobatan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+