11 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Bagi Kesehatan

9 Agustus 2018

11 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Bagi Kesehatan – Air adalah bagian yang sangat penting bagi tubuh kita. Faktanya, tubuh kita terdiri hingga lebih dari 60% air. Air bertanggung jawab untuk menjaga tingkat cairan di tubuh yang membantu penyerapan, mengangkut nutrisi melalui tubuh, menjaga suhu tubuh, mencerna makanan, dan banyak fungsi vital lainnya. Mayo Clinic melaporkan bahwa sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kebutuhan konsumsi air untuk pria dan wanita berbeda. Mereka menemukan pria membutuhkan sekitar 3 liter air per hari, sementara wanita hanya membutuhkan sekitar 2,2 liter cairan per hari.

Manfaat Kesehatan Terapi Air

Terapi air adalah teknik hidroterapi yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Teknik ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama abad ke-18 dan ke-19. Teknik ini melibatkan konsumsi hingga 1 liter air setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Perlu diketahui bahwa tubuh akan sering buang air kecil pada tahap pertama dari terapi air, namun nantinya tubuh akan segera beradaptasi dengan perubahan dan akan banyak manfaat kesehatan yang dirasakan setelahnya.

11 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Bagi Kesehatan

11 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Bagi Kesehatan

11 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Bagi Kesehatan

#1 Rehidrasi Tubuh

Air sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 4.000 anak berusia antara 6 dan 19 tahun memberikan bukti bahwa air sangat penting dalam hal hirdasi tubuh. Terapi air pagi hari akan mengaktifkan kembali tubuh dan mengembalikan kandungan air di tubuh sebelumnya sudah habis pada malam hari. Hal ini menghasilkan perasaan segar dan dorongan energi bagi tubuh.

#2 Menyegarkan Otak

Mercola melaporkan bahwa otak terdiri dari 75% air. Daily Mail melaporkan bahwa satu gelas air dapat mempercepat kekuatan pemrosesan otak hingga 14%. Water Benefits Health melaporkan bahwa air memberi otak energi listrik penting untuk membantu otak dalam proses ingatan, pemrosesan pikiran, dan banyak kesehatan otak lainnya. Manfaat terapi air bagi otak meliputi membuat pikiran lebih fokus, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan daya ingat.

#3 Membersihkan Usus Besar

Bila air dikonsumsi pada saat perut kosong, maka air dapat dengan mudah berpindah ke seluruh sistem pencernaan. Fungsi vital terapi air, terutama di pagi hari, adalah untuk membersihkan usus besar. Dengan memurnikan usus besar, tubuh mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih mudah, yang menyebabkan peningkatan energi.

#4 Meningkatkan Metabolisme

Banyak orang gemuk yang menggunakan terapi air sebagai usaha untuk menurunkan berat badan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa 16 ons air dingin di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme seseorang hingga 24%. Untuk mendapatkan manfaat ini, air harus dikonsumsi pada saat perut kosong.

#5 Menjaga Cahaya Alami Kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan kering. Hai ini dapat menghilangkan cahaya alami kulit dan membuat kulit terlihat lebih tua dari yang sebenarnya. Dengan menggunakan terapi air pagi hari, racun dalam tubuh akan dibuang sehingga membantu mengembalikan hidrasi kulit. Hal ini akan menyebabkan cahaya alami kulit kembali sehingga kulit akan mulai terlihat dan terasa lebih muda.

#6 Meningkatkan Nafsu Makan (Sarapan Pagi)

Banyak orang yang merasa kesulitan untuk sarapan pagi. Padahal, John L Ivy dari University of Texas di Austin melaporkan bahwa sarapan pagi merupakan makanan terpenting setiap hari. Minum air di pagi hari saat perut kosong benar-benar dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda ingin sarapan pagi.

#7 Mencegah Sakit Kepala

Penyebab utama sakit kepala adalah dehidrasi. Faktanya, Mercola melaporkan bahwa sakit kepala adalah salah satu dari tiga gejala dehidrasi. Minum air putih saat bangun tidur akan segera memberi tubuh hidrasi yang sangat dibutuhkan, sehingga juga melawan potensi sakit kepala yang terjadi karena dehidrasi.

#8 Merangsang Gerakan Usus

Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas McMaster menunjukkan bahwa sampai 27% populasi Amerika mungkin terkena konstipasi kronis. Minum air putih pada perut kosong di pagi hari dapat membantu merangsang pergerakan usus dan menghindari sembelit setelah mengkonsumsi sarapan atau makan sepanjang hari.

#9 Membersihkan Sampah di Tubuh

Saat tidur, tubuh mengalami proses alami untuk memperbaiki dan membersihkan dirinya sendiri. Hal ini menyebabkan kelebihan jumlah sampah dalam tubuh. Minum air di pagi hari akan membuang sampah yang diproses selama tidur untuk keluar dari tubuh melalui air kencing.

#10 Menyempurnakan Sistem Imunitas

Air adalah bagian penting dari tubuh kita dan dapat membantu sistem kekebalan dalam beberapa fungsi dengan menyeimbangkan sistem limfatik. Hal ini dapat meningkatkan keefektifan sistem kekebalan dan juga melawan infeksi dan banyak jenis penyakit lainnya.

#11 Mencegah Berbagai Penyakit

Seorang dokter yang juga merupakan seorang tahanan pada saat itu dapat menyembuhkan 3.000 pasien tukak lambung di dalam penjara hanya dengan menggunakan air sebagai metode pengobatannya. Saat dibebaskan, dokter tersebut melanjutkan penelitian mengenai manfaat air bagi kesehatan. Hasilnya, ia menemukan bahwa air sangat membantu dalam proses pencegahan berbagai penyakit, seperti diabetes, batu ginjal, asma, dan angina.

Kesimpulan

Air merupakan bagian dari tubuh kita dan kita tidak bisa hidup tanpanya. Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya air dan hidrasi yang tepat untuk kesehatan mereka secara keseluruhan. Ketidaksadaran ini dapat menyebabkan berbagai kondisi dan gejala yang tidak menyenangkan. Terapi air telah diteliti dan digunakan selama berabad-abad dan merupakan cara yang bagus untuk memberi tubuh Anda hidrasi penting sementara juga mendapatkan banyak manfaat kesehatan tambahan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+