Penyebab Perut Buncit atau Kembung

17 September 2018

Terkadang, minum segelas teh setelah makan dapat membantu pencernaan agar tidak terasa kembung dan membantu membuang kelebihan gas di perut. Perut yang buncit atau kembung bukan hanya masalah dengan penampilan, tapi juga menjadi masalah kesehatan yang perlu dihadapi. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab perut buncit atau kembung dan cara mengatasi perut buncit.

Penyebab Perut Buncit atau Kembung

Penyebab Perut Buncit atau Kembung

Penyebab Perut Buncit atau Kembung

1. Kurang sempurna saat mengunyah makanan

Hal ini merupakan masalah umum karena orang biasanya berusaha melakukan sesuatu dengan terburu-buru. Banyak dari kita makan dengan cepat saat kita sedang bekerja, makan saat berdiri atau mengobrol, sehingga tidak mengunyah makanan dengan sebaik-baiknya. Hal ini membuat tubuh lebih sulit untuk memproses makanan sehingga dapat menyebabkan perut kembung dan rasa ketidaknyamanan lainnya. Mengunyah makanan secara menyeluruh memiliki banyak kelebihan seperti membuat kita merasa lebih kenyang.

Penting untuk diingat bahwa proses pencernaan dimulai di mulut dengan air liur yang mengandung enzim pencernaan penting. Semakin sempurna mengunyah makanan, maka semakin baik pula makanan tersebut diproses oleh tubuh.

2. Parasit usus

Parasit usus merupakan masalah kesehatan utama, namun sayang hal ini sangat sulit dideteksi. Hal tersebut bukan karena parasit tidak memiliki gejala, melainkan karena sulit untuk mengetahui sumbernya. Misalnya, parasit bisa menyebabkan kegugupan, lekas marah, gangguan makan, sensasi gatal di lubang hidung atau rektum, dan perut kembung. Beberapa orang mengalami kembung karena mereka makan sesuatu yang tidak sesuai dengan mereka, namun dalam kasus ini kita mengalami kembung tidak peduli apa yang kita makan.

Menghilangkan parasit secara alami tidaklah mudah. Anda harus secara drastis mengurangi atau menghilangkan gula dan produk gandum dari makanan Anda karena mereka adalah makanan parasit. Selain itu, Anda harus mengkonsumsi makanan seperti bawang putih, dan menambahkan biji labu, dan ketumbar.

Anda juga bisa mengkonsumsi probiotik untuk mendukung produksi bakteri baik pada usus dan mencoba menghindari sembelit karena hal ini dapat menyebabkan infeksi parasit.

3. Terlalu banyak makan

Bahkan dengan makanan sehat, jika Anda makan terlalu banyak atau lebih dari yang dibutuhkan tubuh bisa berakibat kembung. Kita harus selalu berhenti makan saat kita merasa kenyang. Cara yang baik untuk menghindari makan berlebih adalah dengan meminum teh yang membantu memperlancar pencernaan. Hal ini dapat membantu mencegah perut kembung.

4. Gas

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan gas, dan beberapa orang lebih rentan terhadap masalah ini daripada yang lain. Untuk kali ini saya merekomendasikan minum teh yang dibuat dengan rasa manis, mint, dan lemon balm karena dapat membantu mengeluarkan gas berlebih.

5. Intoleransi makanan

Terkadang kita mengalami gas karena kita memiliki intoleransi terhadap suatu makanan. Penyebab paling umum adalah gluten atau laktosa. Jika Anda menduga ada salah satu dari intoleransi ini, maka perlu untuk melakukan diagnosis yang tepat.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menghilangkan makanan ini dari makanan Anda selama sebulan dan menentukan apakah Anda merasa lebih baik atau tidak.

6. Masalah emosional

Selain semua alasan di atas, beberapa orang memiliki masalah pencernaan karena masalah emosional. Hal ini bisa terjadi karena fungsi sistem pencernaan berhubungan dengan pengalaman dan kesejahteraan. Dalam kasus ini, penderita akan melihat bahwa kembung mereka berkorelasi dengan hari-hari ketika mereka merasa lebih stres emosional daripada biasanya.

Untuk membantu menyelesaikan ini, sebaiknya Anda mengunjungi terapis atau melakukan terapi relaksasi seperti pijat, refleksi, yoga, tai chi, dan lain-lain.

7. Makan malam tidak sehat

Makan malam seharusnya menjadi makanan paling ringan karena pada malam hari tubuh tidak memiliki banyak energi untuk mencerna makanan yang dimakan. Jika Anda terbangun di pagi hari dengan perut kembung, inilah saatnya mengubah apa yang Anda makan saat makan malam. Salad cukup sehat, misalnya, tapi lebih baik makan siang hari atau saat makan siang. Sayuran dan saus yang dimasak lebih baik untuk dimakan di malam hari.

Nah, itulah beberapa Penyebab Perut Buncit atau Kembung yang perlu Anda hindari. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+